Face Book Friendship

Ngobrol-Ngobrol Pertemanan Dunia Maya


Nama facebook sekarang sangat populer. Hampir semua orang memiliki akun di situs tenar tersebut. Tak sedikit orang yang kecanduan. Seperti apa cerita Lydia, Belinda, Arief, dan Yulius tentang akun Facebook mereka?

---

Ikut Facebook karena diajak teman atau karena tidak ingin ketinggalan tren?

Lydia: Dari dulu saya sudah di-invite sama banyak teman. Tapi, saya belum tertarik. Lama-lama kok banyak yang ngomongin facebook. Akhirnya, saya kepengin punya. Terus bikin sendiri. Ternyata, asyik karena bisa ketemu dengan teman-teman lama.

Arief: Sebelumnya, saya tidak tahu apa itu facebook. Tapi, setiap kali nongkrong bareng teman, mereka semua membicarakan facebook. Karena penasaran, saya tanya teman-teman yang paham IT. Setelah tahu, saya bikin akun facebook.

Yulius: Saya juga sama kayak Arief. Ternyata, facebook itu menyenangkan. Bisa tahu kabar teman lama. Sekarang saya lagi sibuk mengajak keluarga besar saya bikin akun juga. Soalnya, lewat facebook, kita bisa tahu perkembangan mereka setiap saat. Lewat foto-fotonya juga.

Belinda: Awalnya, saya juga di-invite teman. Karena pada dasarnya saya suka situs pertemanan, ya saya gabung saja. Selain facebook, saya punya akun pertemanan di situs lainnya. Seperti friendster, hi5, sama meebo. Tapi, yang paling sering saya perbarui ya friendster dan facebook.

Dalam sehari berapa kali buka situs facebook atau ganti status?

Arief: Buat saya, buka facebook itu seperti makan. Sehari tiga kali. Pagi, siang, dan malam. Setiap kali buka, ya setiap kali itu ganti status. Saya buka facebook hanya kalau di kantor. Jadi, Sabtu dan Minggu libur.

Lydia: Paling sekali dua kali. Karena bukanya di kantor, hampir setiap hari buka. Kecuali Minggu karena libur. Kalau status, saya jarang banget ganti. Males aja. Ribet.

Belinda: Waah, kalau saya setiap saat setiap hari buka facebook. Soalnya, saya pakai telepon genggam. Biasanya, status saya ganti kalau saya mau melakukan kegiatan. Misalnya, kalau dari pagi sampai siang saya hanya di kantor, statusnya nggak ganti. Tapi, kalau mau ketemu klien, makan siang atau pergi ke mana, pasti diganti. Status bisa jadi alat untuk pamit ke bos. Hehehe. Soalnya, bos saya juga selalu online akun facebook-nya. Kalau mau nyari saya, tinggal lihat status.

Yulius: Saya buka minimal tiga kali dalam sehari. Seminggu ya buka terus. Kalau tidak di kantor, ya di rumah. Tapi, saya tidak suka utak-atik status. Paling saya hanya mengamati status teman-teman. Kadang lucu-lucu. Saya lebih suka nulis di wall orang lain.

Biasanya, fitur apa saja yang dimanfaatkan di facebook?

Belinda: Ya, selain status dan komentar. Saya suka pakai note. Buat nulis macam-macam. Masalah pribadi atau kantor. Pernah ada ayah teman saya meninggal, saya tulis di note dan saya tag ke teman-teman. Jadi, kabarnya langsung menyebar. Terus ada calendar event juga. Kalau kantor saya punya acara, saya tinggal tag beberapa teman.

Lydia: Hmm. Apa ya. Saya tidak terlalu suka utak-atik. Ada games-nya juga kan. Tapi, saya nggak pernah main. Nggak sempat. Paling kuis-kuisan yang lucu-lucu gitu.

Arief: Iya. Saya juga standar. Paling note sama advertising. Kadang soal pribadi, kadang untuk urusan kantor juga. Soalnya, gara-gara facebook banyak teman yang tahu pekerjaan saya, terus ngajakin kerja sama. Tapi, saya suka eksplorasi fitur-fitur facebook lainnya. Kalau sudah benar-benar nggak ngerti, ya tanya teman-teman yang ngerti IT.

Yulius: Saya pakai yang standar saja. Paling hanya masang foto-foto. Paling banyak foto anak saya. Ada berapa ya, sekitar 30 lebih. Jadi, saya nggak usah kasih penjelasan panjang soal kabar saya ke teman-teman. Mereka tinggal lihat koleksi foto saya, mereka tahu bahwa anak-anak saya sudah besar. (jp, 05 April 2009/any/dos)

---
Yulius Rudy SetayanYulius)
39 tahun
Superintendent Isen International Living
Ikut facebook sejak Januari 2009
Zainul Arief (Arief)
35 tahun
Business Develpoment Manager PT Grand Interwisata
Ikut facebook sejak Desember 2008

Belinda Andyana (Belinda)
35 tahun
Marketing Communication Officer PT Intiland Grande
Ikut facebook sejak Mei 2008
Lydia Chandra (Lydia)
27 tahun
Business Development Executive PT Grand Interwisata
Ikut facebook sejak Januari 2009

"Aku gabung FaceBook, Hi5, dan lainnya sejak pertengahan 2008. Gabung di Muxlim sejak maret lalu. Well, yuk gabung di komunitas apapun yang Anda suka. Tapi, satu syaratnya: BERMANFAAT dan bukan sekedar buang-buang waktu."

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar TERBAIK kamu. Yang paling rajin komentar Lela review blognya dalam posting “BLOG REVIEW”. Komentar yang kreatif-inspiratif memungkinkan jadi bahan posting Lela dan pastinya.., blog kamu dapat promosi GRATIS. Thanks..

 
[Image]
WarNing !
Copy-paste diBOLEHkan asal mencantumkan url PadhangBulan.blogspot. com. Demi etika, sportivitas, solidaritas, dan saling 'cinta' diantara sesama blogger Indonesia. Share-Saran Anda
Sincerely,
Grup Padhang Bulan
"Yang suka menyendiri silakan menyepi, yang suka berbagi silakan copy code di bawah ini:"

Catatan Lela
Yahoo Online Status Indicator