Dayana Mendoza Miss Gitmo

Miss Universe 2008
(English)

Dayana Mendoza Misunderstood Gitmo

Kunjungi Penjara Teror, Mengaku Betah

Cerdas dan kaya wawasan, ternyata, tidak menjadi syarat penting kontes ratu ayu sejagat. Buktinya, Dayana Mendoza bisa dengan bangga menyandang gelar Miss Universe 2008 tanpa memahami konteks penjara Teluk Guantanamo alias Gitmo yang dikelola Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan digunakan untuk menahan teroris serta "musuh negara."

-----

KEBODOHAN ala Miss Universe 2008 tersebut terungkap dalam blog pribadi Mendoza yang dipublikasikan pada 27 Maret lalu. Parahnya, justru ratu ayu asal Venezuela itu sendiri yang menulis dan lantas memublikasikan kebodohan tersebut. "Pekan ini, Guantanamo!!! Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan. Kami benar-benar menikmati perjalanan kali ini," tulis perempuan 22 tahun itu dalam kalimat pembuka blog-nya, seperti dilansir Agence France-Presse Rabu (1/4).

Dalam tulisan berikutnya, dia merinci perjalanan di Teluk Guantanamo yang masuk wilayah Kuba tersebut. Mulai mengunjungi pangkalan AL AS sampai menjelajah teluk di Provinsi Guantanamo, ujung tenggara Kuba, itu. Didampingi Miss USA 2008 Crystle Stewart dan perwakilan United Service Organizations (USO), Mendoza juga diajak berkeliling kompleks penjara kontroversial tersebut. Tentunya, dia dikawal ketat sejumlah marinir dan serdadu AS.

"Kami mengunjungi kamp para tahanan. Kami melihat sel penjaranya, tempat mereka mandi. Kami juga memperhatikan cara mereka menghibur diri dengan menonton film, mengikuti kelas seni, dan membaca buku. Sangat menyenangkan," tulis gadis cantik tersebut mengawali kebodohannya.

Lebih lanjut, dia justru memuji kondisi penjara yang oleh Presiden Barack Obama bakal segera ditutup itu. Termasuk kualitas airnya yang menurut dia sangat bagus.

"Sulit dipercaya. Rasanya, saya tidak ingin meninggalkan tempat ini. Sangat menyenangkan, tenang, dan indah," tuturnya dalam blog yang kini sudah digantikan komentar Paula Shugart, ketua Yayasan Miss Universe, tersebut. Meski demikian, New York Times yang memperoleh versi asli tulisan Mendoza telanjur menayangkan komentar konyol tersebut pada situsnya.

Mendoza pun menuai reaksi beragam yang sebagian besar bernada mengejek. Reputasi Venezuela sebagai negeri pencetak ratu-ratu ayu sejagat juga langsung tercoreng. Rakyat mengecam Mendoza yang menggiring masyarakat internasional pada citra bahwa orang-orang Venezuela tidak berpendidikan. Bahkan, Presiden Hugo Chavez dilaporkan bakal mengambil kembali hadiah yang sudah diberikan kepada Mendoza saat dia dinobatkan sebagai Miss Universe di Vietnam tahun lalu.

Memanfaatkan momen tersebut, reporter Globovision Anna Karina Villalba lantas menyindir pemerintah Venezuela. "Sudah waktunya Venezuela mendidik ratu-ratu ayu mereka. Dengan demikian, ratu-ratu ayu itu tahu apa yang sedang terjadi di dunia," ujarnya. Sebelumnya, seorang Miss Universe asal Venezuela juga mempermalukan negaranya. Ketika itu, dia menyebut dirinya sebagai pengagum musik-musik William Shakespeare. Padahal, sebagai penulis, Shakespeare tidak pernah menciptakan musik.

Berupaya meredam reaksi dunia, terutama masyarakat Venezuela, Shugart lantas menghapus komentar konyol Mendoza itu dan menambalnya dengan komentar dirinya. "Sebenarnya, komentar-komentar itu mengacu pada keramahan yang dia terima dari personel militer AS di sana," tulisnya seperti dikutip Associated Press.

Dia juga menambahkan bahwa Mendoza bersama yayasan Miss Universe sudah mengunjungi banyak negara. Termasuk Iraq, Afghanistan, Jepang, Korea, dan yang terakhir Guantanamo. (hep/ami/jp)

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar TERBAIK kamu. Yang paling rajin komentar Lela review blognya dalam posting “BLOG REVIEW”. Komentar yang kreatif-inspiratif memungkinkan jadi bahan posting Lela dan pastinya.., blog kamu dapat promosi GRATIS. Thanks..

 
[Image]
WarNing !
Copy-paste diBOLEHkan asal mencantumkan url PadhangBulan.blogspot. com. Demi etika, sportivitas, solidaritas, dan saling 'cinta' diantara sesama blogger Indonesia. Share-Saran Anda
Sincerely,
Grup Padhang Bulan
"Yang suka menyendiri silakan menyepi, yang suka berbagi silakan copy code di bawah ini:"

Catatan Lela
Yahoo Online Status Indicator